Kamis, 10 Februari 2011

Cara Mengatur Sound Yang Enak Di Dengar...

Untuk para pemusik seperti kita,,,
sound yang enak di dengar sepertinya hal yang mutlak agar semua pendengar merasakan kenyamanan saat mendengarkan alunan musik yang keluar dari sound anda. Kadang beberapa player seenaknya mengatur sound pada ampli mereka,"yang penting keluar keras bunyinya" ataupun "yang penting bunyi"..

Padahal, hal tersebut cukup menganggu telinga dan perasaan pendengar yang mendengarkan musik anda. Yang bisa membuat para pendengar "kabur",hehe. Maka dari itu, kami mau berbagi pengalaman kami dalam mengatur sound yang baik..

1. Kenali dulu karakter alat, effect, dan amplifier yang akan anda mainkan, karena ada beberapa yang memakai alat yang telah di sediakan oleh pelaksana acara. Setiap band pasti memiliki karakter permainan yang berbeda-beda, maka atur lah dengan sebaik-baiknya sesuai karakter anda.

2. Kemudian, aturlah pada ampli dan alat musik anda (gitar atau bass) dengan Treable, Mid, Bass, dan Volume pada posisi arah jam angka 12 atau 1. Tentu saja hal ini juga tergantung ampli yang anda gunakan. Dalam hal ini kami memberitahukan pada ampli yang standart digunakan pada panggungan level menengah "yang standart aja".

3. Pada alat musik Bass, jangan terlalu membesarkan knob di ampli pada Bass, karena akan membuat suara bass akan menggulung dan tidak jelas suaranya. Karena bass seperti body untuk bass yang anda mainkan. Jangan terlau kecil ataupun besar, setelah itu jika masih menurut anda kurang, aturlah sedikit demi sedikit pada Treable dan Mid nya.

4. Treable berpengaruh pada attack pada sound yang akan anda keluarkan. Jadi aturlah paling tidak kearah jam angka 1.

5. Jika anda punya seorang sound man / sound engginer, bawalah kemanapun anda tampil, ataupun bawalah crew yang telah mengerti karakter output sound anda, karena mereka juga berperan penting dalam keberhasilan sound anda di panggung. Karena jika anda mengalami kesulitan dalam mengatur sound, merekalah yang bekerja. Apalagi pada output vocal, jangan sampai tenggelam dengan suara musik anda. Balanced lah pada saat check sound jika di perbolehkan pelaksana acara.

Nb: akan ada perbedaan jika kita bermain didalam ruangan, dan di lapangan, juga pada saat anda bermain sendiri dan bermain pada sebuah band.
Jadi, pintar-pintarlah anda berkomunikasi juga dengan sound man / sound engginner yang mengatur output sound anda pada centre operator sound.
Bawalah sebuah tuner jika anda hanya membawa effect sederhana, karena di takutkan dalam perjalan setting gitar maupun bass berubah.

Semoga bermanfaat..... :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar